Chapter 16 : Berburu sunrise di Angkor Wat

8:14 PM Backpackertambun 5 Comments


Di depan Angkor Wat
Angkor Wat merupakan situs bersejarah di Siem Reap yang telah dinobatkan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO. Komplek percandian ini menjadi sangat terkenal ketika salah satu film blockbuster yaitu Tom Raider mengambil beberapa adegan di tempat ini. Ketenaran sebuah film seakan menjadi promosi gratis bagi sebuah tempat wisata. Semenjak itu, banyak turis mancanegara yang berbondong-bondong mengunjungi komplek Angkor Wat.

Saya dan teman-teman berkesempatan mengunjungi tempat ini pada tahun 2016. Pada saat itu harga tiket masuk untuk one day trip masih $20. Namun sekarang tiket masuk ke Angkor Wat naik hampir 2 kali lipat menjadi $38. Untuk paket trip 3 hari, yang semula $40 sekarang menjadi $60 dan weekly ticket naik dari $62 menjadi $72. Kenaikan yang begitu fantastis menurut saya.

Sebelum mengunjungi Angkor Wat, saya telah memesan tuk-tuk untuk membawa saya dan teman-teman berkeliling komplek percandian. Informasi mengenai persewaan tuk-tuk bisa kalian lihat di Tuk-Tuk Chen. Pukul 4 pagi, Chen dan Ayahnya telah menjemput kami di depan hostel. Cukup sulit bagi kami untuk beranjak dari kasur hostel. Namun karena kami ingin melihat sunrise, mau tidak mau kami harus bangun lebih awal.

Udara dingin dan hembusan angin menemani perjalanan kami ke Angkor Wat. Di sepanjang jalan, kami menjumpai banyak wisatawan dengan menggunakan tuk-tuk yang mempunyai tujuan sama dengan kami. Hanya 15 menit kami sampai di lokasi pembelian tiket. Tempat ini ternyata terpisah dengan komplek percandian. Disini sudah banyak wisatawan yang mengantri di loket penjualan. Pembelian tiket tidak bisa diwakilkan, karena para pengunjung akan difoto terlebih dahulu dan foto mereka akan di print out bersama dengan tiket masuk. Jadi didalam tiket masuk akan terpampang foto pengunjung.

Loket pembelian tiket Angkor Wat
Tiket Angkor Wat
Selesei mengurus pembelian tiket, tuk-tuk kami segera meluncur ke destinasi pertama yaitu Angkor Wat. Memasuki kawasan Angkor, kami melihat banyak wisatawan yang sudah berkumpul di spot terbaik untuk mengabadikan moment sunrise. Kamipun langsung mencari tempat untuk bisa mengabadikan moment tersebut.

Matahari mulai menampakkan dirinya, puluhan gambar telah terekam di kamera saya dan teman-teman. Usaha kami tidak sia-sia untuk bangun pagi, kami sangat puas ketika melihat matahari muncul dibalik Angkor Wat.

Spot favorit di Angkor Wat
Sunrise di Angkor Wat
Sunrise di Angkor Wat (2)
Pengunjung di Angkor Wat
Tim Angkor Wat
Memasuki kawasan Angkor, saya melihat banyak ornamen-ornamen yang hampir sama dengan candi-candi yang ada di Indonesia. Pada permukaan dinding di Angkor Wat, terdapat relief makhluk perempuan cantik dengan lekuk tubuh yang sensual, melenggok dengan sikap tangan gemulai dipenuhi dengan perhiasan, kadang hanya digambarkan sederhana namun memiliki kharisma tersendiri. Makhluk perempuan yang digambarkan itu adalah Apsara. Apsara dalam agama Hindu adalah bidadari yang bersemayam di kerajaan. Di salah satu sudut candi ini, saya melihat biksu yang sedang memasangkan gelang yang sudah diberi doa-doa kepada wisatawan yang berkunjung. Para pengunjung bisa memberi fee secara sukarela untuk mendapatkan gelang tersebut.

Di dalam Angkor Wat
Di dalam Angkor Wat (2)
A Monk with blessing bracelet 
Apsara
Di dalam Angkor Wat (3)
Destinasi kedua kami yaitu Ta Prohm Temple. Candi ini tidak dipugar dan dibiarkan dalam kondisi asal sebagaimana candi ini ditemukan. Sehingga para wisatawan bisa melihat akar-akar pohon raksasa yang mencengkeram tubuh candi. Hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Ta Prohm Temple pasti berfoto dengan latar belakang akar-akar pohon yang menjulang di tubuh candi. Runtuhan-runtuhan tubuh candipun lebih banyak ditemui disini dibandingkan di Angkor Wat.

Ta Prohm Temple (1)
Ta Prohm Temple (2)
Ta Prohm Temple (3)
Ta Prohm Temple (4)
A Monk at Ta Prohm Temple
Ta Prohm Temple (5)
Ta Prohm Temple (6)
Dari Ta Prohm Temple kami berhenti di Bayon Temple. Candi ini merupakan candi yang paling terkenal di Angkor Complex dimana terdapat lebih dari 200 ukiran wajah terpampang diatas menara. Candi ini juga sebagai candi yang paling mewah dan megah di kawasan Angkor. Kami hanya berforto di depan gate Bayon Temple. Kondisi cuaca yang sangat panas dan luasnya area tiap candi membuat tenaga kami terforsir. Kamipun memutuskan kembali ke hostel setelah berfoto di depan gate Bayon Temple. Bagi pecinta sejarah, kalian pasti akan suka ketika berkunjung ke Komplek Angkor Wat. Karena banyak wisatawan mancanegara yang sampai membeli peket 3 days trip untuk mengelilingi Komplek Angkor Wat.

At the gate of Bayon Temple
Happy Backpacking!! -Arie Budi-








You Might Also Like

5 comments:

  1. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    ReplyDelete
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.comJOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete
  3. Mau bonus slot 200%????
    mari bergabung bersama kami di Winning303
    Dapatkan ragam bonus menarik untuk permainan slot kesukaan anda setiap minggunya

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    WA : 0877 8542 5244

    ReplyDelete
  4. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...

    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...
    Yakin Cuma Baca Doank??

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete