Chapter 24 : Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Ketika Travelling ke Jaipur

4:45 AM Backpackertambun 5 Comments


Ikon Kota Jaipur
Jaipur, Ibu Kota Negara bagian Rajashtan, India. Kota ini dikenal dengan sebutan Pink City oleh para wisatawan. Saya akan menceritakan beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi ketika travelling ke Jaipur. Kira-kira apa sajakah itu? 

1. Jal Mahal


Jal Mahal
Jal Mahal adalah sebuah istana yang berada di tengah perairan danau buatan kota Jaipur, India. Biasanya istana berada di tanah lapang yang luas dan kering, namun tidak dengan Jal Mahal. Istana ini dibangun pada abad ke-18 oleh Maharaja Madho Singh sebagai tempat singgah saat keluarga kerajaan pergi berburu.

Saya dan teman-teman berkunjung ke Jal Mahal pada pagi hari karena kami ingin melihat keindahan matahari terbit di balik istana tersebut. Kami berangkat dari Hostel pada pukul 5 pagi. Jarak dari hostel ke Jal Mahal tidak terlalu jauh sehingga kami bisa berjalan kaki menuju kesana. (Kami menginap di Joey's Hostel).

Jalanan dari Hostel ke Jal Mahal
Sesampainya di Jal Mahal, sudah banyak wisatawan yang mengambil spot untuk mengabadikan momen matahari terbit. Sungguh indah pemandangan pada pagi itu. Saya sangat takjub melihat keindahan Jal Mahal serta biasan sinar matahari yang berkilauan di danau.

Pic by @iqbalhimawan_
Selain keindahan Jal Mahal, sobat traveller juga bisa melihat gerombolan burung yang sedang menikmati makanan yang diberikan oleh warga lokal. Sobat traveller bisa berfoto-foto berlatarkan burung-burung tersebut. Untuk berwisata ke Jal Mahal, sobat traveller tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Namun kalian tidak bisa masuk kedalam istana tersebut.

With the birds
Penjual makanan burung
Pic by @rizalkris 
2. Hawa Mahal

Selfie di depan Hawa Mahal
Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika travelling ke Jaipur adalah Hawa Mahal. Bangunan ini merupakan istana yang menjadikan landmark dari kota Jaipur. Istana ini dibangun pada tahun 1799 atas perintah Maharaja Sawai Pratap Singh sebagai tempat peristirahatan keluarga Raja. Hawa Mahal sendiri memiliki arti Istana Angin. Hal ini dikarenakan angin yang bisa berhembus bebas ketika jendela-jendela bangunan ini dibuka.

Saya dan teman-teman hanya berfoto di depan Hawa Mahal dan tidak sempat masuk ke dalam istana karena waktu kami yang tidak banyak. Kami harus segera berpindah ke Agra. FYI, untuk sobat traveller yang travelling ke Jaipur, kalian bisa membeli oleh-oleh di pasar yang ada di dekat Hawa Mahal. Harga yang ditawarkan lumayan murah, yang penting kalian harus pandai-pandai menawar.

3. City Palace


City Palace
City Palace terletak berdekatan dengan Hawa Mahal. Istana ini dibangun antara tahun 1729-1732 oleh Sawai Jai Singh II dengan memadukan arsitektur Eropa, Mughal dan Rajput. Untuk masuk ke dalam City Palace, sobat traveller harus membayar 500 INR atau sekitar Rp 100.000,00. Tempat ini dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Penjaga tempat makan di samping City Palace

Pengamen di depan pintu masuk City Palace
Pintu masuk City Palace
Memasuki gerbang City Palace, sobat traveller akan disambut dengan pertunjukan tarian dan nyanyian khas India. Kalian bisa memberikan sedikit rupee jika kalian suka dengan pertunjukan yang mereka buat.

Pertunjukan musik di dalam City Palace

Pertunjukan musik dan tarian di dalam City Palace
Seorang turis yang memberikan pertunjukan musik di City Palace
Indian Squad
Didalam istana terdapat beberapa bangunan yaitu Mubarak Mahal, Pritam Niwas Chowk, Chandra Mahal, Diwan-I-Khas, Diwan-i-Aam, Baaghi Khana dan Maharani Palace. Chandra Mahal masih digunakan oleh keluarga raja sebagai tempat tinggal, sehingga pengunjung dilarang masuk. Namun ada satu bagian yang terbuka untuk umum yaitu lantai dasar Chandra Mahal bagian barat. Dibagian ini terdapat koleksi keluarga raja seperti foto-foto lama, lukisan dan beberapa cermin.

di Dalam City Palace
Pritam Niwas Chowk terkenal dengan gerbang 4 musimnya, yaitu Gerbang Lotus (Musim Panas), Gerbang Hijau (Musim Semi), Gerbang Mawar (Musim dingin) dan Gerbang Burung Merak (Musim Gugur). Daya tarik utama lainnya yang harus dikunjungi adalah Diwan I-Khas yang terletak di halaman Mubarak Mahal. Untuk mengetahui lebih banyak sejarah tentang City Palace, kalian bisa menyewa tour guide yang berada di samping tiket masuk. Mereka akan mengantarkan kalian keliling City Palace sambil menceritakan sejarah bangunan tersebut. Untuk harga, kalian bisa tawar menawar disana.
Saya di depan gerbang 4 musim

Kania di Gerbang 4 musim
Gerbang menuju Chandra Mahal
Chandra Mahal
Gerbang menuju Mubarak Mahal
Mubarak Mahal
Inside of City Palace
Bajai
Guide kami di City Palace
 4. Amer Fort
Tembok China?
Amer Fort atau Amer Palace adalah benteng sekaligus istana yang memiliki bentuk seperti tembok raksasa yang ada di China. Benteng dan istana ini dibangun oleh Raja Man Singh I dan Raja Rajput Maharajas yang berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga Raja. Saya dan teman-teman datang kesini pada pagi hari, karena kami ingin mendapatkan momen matahari terbit di Amer Fort. Namun ternyata, tempat ini belum dibuka. Amer Fort baru buka pada pukul 8 pagi. Akhirnya kamipun mencari spot sunrise di sekitaran Amer Fort.

Sunrise di Amer Fort
Sunrise di Amer Fort



Pic by @rizalkris

Tim Sunrise
Untuk masuk kedalam Amer Fort, sobat traveller dikenakan biaya tiket sebesar 200 rupee. Kalian bisa mencapai pintu gerbang dengan berjalan kaki, mengendarai jeep atau dengan naik Gajah. Ada baiknya, sobat traveller tidak menunggangi gajah untuk keliling Amer Fort. Karena menunggangi gajah bisa mengakibatkan cedera pada tulang punggung gajah.

Keliling Amer Fort dengan menggunakan gajah

Kania di depan pintu gerbang Amer Fort
Dessy di depan pintu gerbang Amer Fort
Beberapa dari kami
Saya dan teman-teman tidak sampai masuk ke dalam Amer Fort. Kami hanya berjalan-jalan dan foto di sekitar pintu gerbang saja.

5. Jaigarh Fort


Jaigarh Fort
Jaigarh Fort terletak 15 km dari pusat kota Jaipur. Benteng ini dibangun oleh Sawai Jai Singh II pada tahun 1726 yang berfungsi sebagai pelindung dari Amer Fort. Sehingga Jaigarh Fort dikenal sebagai Victory Fort atau benteng terkuat di Jaipur.

Daya tarik utama dari benteng ini adalah Jaivana Cannon yang merupakan meriam terbesar pada saat itu. Meriam ini memiliki berat 50 ton dan diameter 11 inci. Meriam ini bisa berputar hingga 360 derajat sehingga memungkinkan untuk melakukan tembakan ke segala arah.

Selain terkenal dengan meriamnya, Jaigarh fort juga memiliki taman indah bernama Aaram Bagh. Saya dan teman-teman tidak sempat masuk ke dalam taman tersebut. Kami hanya berfoto dari atas. Dari sini juga, sobat traveller disuguhkan oleh pemandangan sekeliling yang sangat menawan. Kalian bisa melihat Sagar Lake dan juga replika tembok China milik Amer Fort. Untuk tiket masuk, kalian dikenakan biaya 100 rupee atau 20ribu rupiah.

Indian Team

Sagar Lake 

at Jaigarh Fort
 Miss Yohanna at Jaigarh Fort 
Putra at Jaigarh Fort
di AtasTaman Aaram Bagh
Police inside Jaigarh Fort
6. Nahargarh Fort


Top of Jaipur
Jika Jal Mahal dikenal dengan spot sunrisenya, maka berbeda dengan Nahargarh Fort. Tempat ini dikenal dengan spot sunset terbaik di Jaipur. Saya dan teman-teman sampai di Nahargarh Fort pada jam 5 sore. Kami tidak bisa masuk ke dalam area benteng, karena benteng tersebut sudah tutup. Nahargarh Fort buka dari jam 10 pagi sampai 5 sore. Padahal berdasarkan referensi yang kami peroleh, benteng ini tutup pada jam 6 malam. Namun kenyataannya berbeda. Sehingga kami akhirnya berpindah ke Padao Restaurant, yang letaknya berdekatan dengan Nahargarh Fort. Dari sini, kami masih bisa melihat sunset dengan pemandangan kota Jaipur yang begitu indah. Anyway, untuk melihat sunset dari restaurant ini, kalian harus membayar 100 Rupee atau sekitar 20ribu rupiah. Nantinya kalian akan mendapatkan welcome drink berupa Chai Tea atau Minerel Water. Kalian bisa memilih salah satu diantara minuman tersebut.

at Top of Jaipur
Sunset at Nahargarh Fort













You Might Also Like

5 comments:

  1. Gila foto-fotonya keren banget. Setelah baca ini, jelas aku banyak gak eksplor Jaipur haaaa. Mesti balik ke sana lagi.

    @omnduut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you om. Iyaa om, aku juga ada beberapa tempat di Jaipur yang belom sempet dikunjungi. Next time pengen kesana lagi. Pengen ke Jodhpur, Jaisalmer, Udaipur sama Varanasi..

      Delete
  2. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete
  3. numpang promote ya min ^^
    Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete