Chapter 27 : Tiga Tempat Makan Yang Wajib Dikunjungi Ketika Travelling ke Purwokerto

4:30 AM Backpackertambun 4 Comments


Pada tau mendoan kan? Salah satu makanan khas dari Purwokerto. Ternyata selain mendoan, Purwokerto masih menyimpan berbagai makanan khas. Nah sekarang saya akan memberikan informasi kepada sobat traveller, tiga tempat makan yang wajib kalian datangi ketika berkunjung ke Purwokerto. Apa sajakah itu? 

1. Soto Lama H. Suradi

Soto Lama H. Suradi
Soto Lama H. Suradi terletak di Jalan Sudirman Sokaraja yang merupakan pusat kuliner dan jajanan khas Purwokerto. Berbagai pilihan soto bisa kalian pesan di tempat ini. Ada soto daging sapi, soto daging ayam, soto babat dan iso serta soto sekengkel urat. Yang membedakan soto Sokaraja dengan soto lainnya adalah penggunaan ketupat sebagai pengganti nasi serta sambalnya yang terbuat dari bumbu kacang. Bumbu kacang ini adalah ciri khas dari Soto Sokaraja. 

Soto Iso dan Babat
Soto yang saya pesan saat itu adalah soto babat dan iso. Untuk rasa sotonya menurut saya sudah pas. Namun untuk sambal kacangnya, menurut saya kurang pedas. Mungkin karena sambal kacangnya yang cenderung manis dan lidah saya yang sudah terbiasa dengan makanan pedas. Jadi kalau makan makanan yang tidak pedas, rasanya kurang pas. Harga seporsi soto babat dan iso adalah 17ribu. Cukup murah kan? 

MetroTV Squad
2. Es dan Kopi Brasil

Es dan Kopi Brasil
Jika Jakarta punya es krim legendaris bernama "Ragusa", Purwokerto juga punya loh. Es krim tersebut bernama Es dan Kopi Brasil. Es Brasil lahir dari industri rumahan ibu - ibu PKK, yang awalnya dijual dengan cara berkeliling ke rumah warga. Namun kini Es Brasil sudah memiliki kedai sendiri yang terletak di Jalan Jendral Suprapto.   

Memasuki kedai Es dan Kopi Brasil, sobat traveller akan disambut dengan jajanan pasar dan kue basah yang tertata rapi di lemari etalase. Mulai dari candil,bubur sumsum, kue pianko, susu kedelai dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa membeli kopi bubuk Brasil untuk oleh-oleh.

Kedai es dan kopi Brasil
Jajanan pasar 

Candil dan Bubur Sumsum

Lantai bawah Kedai Es dan Kopi Brasil

Lantai atas Kedai Es dan Kopi Brasil

Menu es krim disini terbilang klasik, seperti es krim stik, es krim cup, es krim roti, es kotak dan es cone. Varian rasanya juga bermacam-macam, ada kelapa muda, ketan hitam, kacang hijau, mocha, leci, durian, kopi, coklat, vanila dan anggur. Ada juga es mambo dengan rasa rujak. Keistimewaan dari es krim disini yaitu tidak menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan. Harganyapun sangat terjangkau. Mulai dari Rp 1.500,00 - Rp 7.000,00. Dijamin kalian akan ingat masa kecil jika berkunjung ke kedai Es dan Kopi Brasil.

Menu es Brasil
Es Brasil

Es Brasil

Es Brasil

Es Brasil
3. Umaeh Inyong

Umaeh Inyong
Umaeh Inyong merupakan rumah makan dengan konsep klasik atau tradisional yang kental dengan cita rasa Banyumas. Rumah makan ini dahulunya merupakan bangunan rumah jaman dahulu yang sekarang telah dipugar. Umaeh Inyong terletak di Jalan Ahmad Yani No. 47, Purwokerto.

Memasuki Umaeh Inyong, sobat traveller akan disuguhi oleh lantunan musik Banyumasan. Menu yang ditawarkan oleh Umaeh Inyong mengusung konsep makanan dan minuman tradisional, cocok bagi kalian yang mencari makanan tradisional Banyumas. Saya pun memesan sega rames Banyumas, mie nyemek dan wedang ronde.

Interior Umaeh Inyong
Interior Umaeh Inyong

Interior Umaeh Inyong
Harga makanan disini sangat terjangkau. Untuk rasa, menurut saya wedang rondenya enak. Air jahenya sangat berasa, membuat tubuh saya menjadi lebih hangat. Untuk Mie Nyemek, rasanya agak sedikit kurang dibandingkan dengan Mie yang telah saya coba sebelumnya disamping Hotel Wisata Niaga. Dan untuk sega rames Banyumasnya, lumayan lah rasanya. Namun ada beberapa kekurangan yang perlu dibenahi oleh pihak Umaeh Inyong yaitu lamanya pesanan datang dan juga kesalahan pelayan saat menyajikan pesanan. Karena teman saya pada waktu itu pesan Nasi + Ayam Goreng Paha, namun yang datang malah ayam goreng dada. Ketika teman saya protes mengapa pesanan yang datang tidak sesuai, sang pelayanpun menjawab kalau ayam paha sudah habis, sehingga mereka memberikan ayam dada kepada teman saya. Harusnya mereka tanya terlebih dahulu, apakah teman saya mau atau tidak. Teman sayapun membatalkan pesanannya karena dia tidak suka makan ayam bagian dada. Padahal dia telah menunggu lama sebelumnya. Semoga hal ini tidak terjadi lagi kepada pelanggan yang lain.

Sega Rames Banyumas
Mie Nyemek

Wedang Ronde
Dan itulah tiga tempat makan yang wajib sobat traveller kunjungi ketika travelling ke Purwokerto.

Happy Backpacking!! -Arie Budi-

You Might Also Like

4 comments:

  1. Ayo daftarkan diri Anda di F4ns Bett1ng
    Kontak WA +855 96315624

    ReplyDelete
  2. para Member setia ARENADOMINO,
    untuk kalian para pecinta permainan casino online
    yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar
    kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami
    bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.5% untuk kalian semua
    dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian,
    jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya
    kalian bisa bermain bersama kami . ARENA-DOMINO.COM
    * CLAIM NOW AND JOIN US *

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    ARENA-DOMINO.COM
    WA : [+855]964967353

    Ayo tunggu apalagi !!

    ReplyDelete
  3. numpang promote ya min ^^
    Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete