Chapter 14 : Menikmati Loloh Cemcem di Desa Penglipuran, Bali

2:37 AM Backpackertambun 1 Comments


Me at Desa Penglipuran
Desa penglipuran merupakan desa wisata di Bali yang masih menjaga keutuhan adat dan budayanya. Penglipuran berasal dari kata Pengeling Pura yang memiliki arti tempat suci yang ditujukan untuk mengenang para leluhur. Untuk masuk ke area Desa Penglipuran, para wisatawan diharuskan membayar tiket masuk seharga 15ribu rupiah. Kendaraan tidak diperbolehkan untuk memasuki area desa. Sehingga para wisawatawan harus berjalan kaki untuk mengelilingi desa ini.

Salah satu warga Desa Penglipuran
Memasuki area desa, kita akan melihat tata letak bangunan rumah yang berjejer dan presisi, halaman rumah warga yang bersih, serta suasana hijau dan udara sejuk tanpa polusi. Pantas saja desa ini masuk dalam salah satu desa terbersih di dunia. Di dalam Desa Penglipuran  juga terdapat pura yang bernama Pura Penataran. Pura ini digunakan sebagai pusat dan tempat upacara adat desa.


Desa Penglipuran
Keluarga besar Rumah Berkah
Pura Penataran
My friend
Para warga desa disini berjualan barang-barang kerajinan serta makanan dan minuman khas Bali. Salah satunya adalah minuman Loloh Cemcem. Awalnya saya dan teman saya penasaran dengan minuman hijau yang terpampang di salah satu dagangan para warga. Kamipun bertanya-tanya tentang minuman tersebut. Minuman hijau ini ternyata adalah jamu yang terbuat dari daun cemcem atau daun kloncing. Minuman ini mempunyai khasiat yang baik untuk pencernaan dan menurunkan tekanan darah. Harganyapun sangat terjangkau. Untuk satu botol Loloh Cemcem, para warga menjualnya seharga 5ribu rupiah saja. Murah kan? Soal rasa, rasanya hampir mirip dengan jus kedondong. Jadi untuk teman-teman yang lagi travelling ke Bali, jangan lupa untuk mengunjungi Desa Penglipuran dan mencoba minuman khasnya yaitu Loloh Cemcem.  

Loloh Cemcem
Brand Ambassador Loloh Cemcem


   

You Might Also Like

1 comment:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete