Chapter 3 (Part 2) : Satu hari yang melelahkan di Kota Kinabalu

2:53 AM Backpackertambun 3 Comments



Pasukan Kinabalu
Kami mendarat di Kota Kinabalu pada pagi hari. Perjalanan dari Jakarta ke Kota Kinabalu memakan waktu 2 jam 45 menit. Terdapat perbedaan waktu lebih cepat 1 jam dari Jakarta. Setibanya disana, kami langsung mencari bus kearah tempat kami menginap. Bus yang kami tumpangi akan berhenti di Padang Merdeka. Tempat ini merupakan salah satu terminal bus yang ada di Kota Kinabalu. Tarif bus dari Airport ke Padang Merdeka cuma 0.5 RM perorang. 

Dari Padang Merdeka, kami berjalan kaki menuju Hotel. Letak hotel kami tidak terlalu jauh. Sesampainya disana, ternyata kami salah hotel saudara-saudara. Hotel yang kami datangi bernama Borneo Backpackers, sedangkan hotel kami bernama Borneo Global Backpackers. Saya merasa sangat bersalah kepada teman-teman saya, karena saya salah mencari alamat hotel 😢😢. Kami kemudian bertanya kepada receptionist Hotel dimana letak Borneo Global Backpackers. Lokasinya ternyata masih jauh dari lokasi dimana kami berada sekarang. Hmmmmmmm 😬😬. Kami disarankan untuk naik taxi oleh mereka. Namun karena bekal ringgit kami yang tidak terlalu banyak, kami memutuskan untuk berjalan kaki menuju kesana.

Tiba di Padang Merdeka

Sebelum memulai perjalanan mencari hotel, kami mengisi perut terlebih dahulu. Kami sarapan di KFC Kampung Air. Jauh-jauh ke Kinabalu, makannya tetap KFC yaaa, hehehee 😂😂. Selesei makan, kami melanjutlan perjalanan kembali. Tanpa bekal peta dan paket data di handphone, kami mengandalkan kemampuan kami untuk bertanya kepada warga setempat. Untungnya warga Kinabalu ramah-ramah, sangat berbanding terbalik dengan warga Kuala Lumpur yang cenderung cuek. Mereka tidak segan-segan mengeluarkan hanphone mereka dan menelphone pihak hotel ketika kami bertanya lokasi hotel kami berada.

Jalanan menuju Hotel

Jarum jam menunjukkan angka satu, hampir 2 setengah jam kami berjalan kaki mencari hotel. Kami terus berjalan sambil ngobrol dan tertawa ditengah terik matahari. Setengah jam kemudian, kami melihat papan kayu bertuliskan Borneo Global Backpackers. Alhamdulillah sampai juga di Hotel. Kami segera melakukan check in dan langsung merebahkan badan kami di kamar hotel. Rencana kami untuk menjelajahi Pulau Manukanpun tidak bisa terealisasi hari ini. Kondisi badan yang capek membuat kami menunda dan mengganti di keesokan harinya. Kami memutuskan untuk jalan-jalan di kota saja.

Borneo Global Backpackers

Setelah beristirahat selama satu setengah jam, kami berkumpul di lobby hotel dan bersiap untuk explore Kota Kinabalu. Kami menyewa minivan Hotel seharga 30RM (only dropping) untuk mengantarkan kami ke Signal Hill Observatory atau bukit bendera. Tempat ini merupakan titik tertinggi di Kota Kinabalu. Dari tempat ini, kita dapat melihat pemandangan Kota Kinabalu dan Laut Cina Selatan.

At Signal Hill Observatory
At Signal Hill Observatory (2)
View from Signal Hill (Source:Tripadvisor)

Puas berfoto-foto dan menikmati pemandangan disana, kami melanjutkan perjalanan ke Atkinson Clock Tower. Lokasi kedua ini, tidak terlalu jauh dari Signal Hill. Kami hanya perlu berjalan kaki menuruni bukit sejauh 1,1 km. Tapi karna sang driver berbaik hati, kamipun diantarkan  sampai ke lokasi kedua. Atkinson Clock Tower hampir sama dengan jam gadang yang ada di Sumatra Barat. Menara jam ini dibangun untuk memperingati mendiang Francis George Atkinson yang merupakan pejabat distrik pertama di Kota Kinabalu.

Atkinson Clock Tower (Pic:Ayu Arindani)

Dari Atkinson Clock Tower, kami berjalan kaki menuju pusat kota. Kami memulai berjalan kaki menyusuri Dewan Bandaraya Kota Kinabalu sambil mengamati bangunan yang ada di sepanjang jalan, Yang membuat saya senang dengan kota ini adalah trotoarnya yang sangat manusiawi. Saya bisa berjalan kaki dengan tenang tanpa perlu khawatir ada sepeda motor yang tiba-tiba nyelonong dari arah belakang. Ditambah lagi masih banyak pepohonan yang seakan menetralisir udara panas Kota Kinabalu yang berlokasi dekat dengan pesisir pantai.

Walk in Dewan Bandaraya KK
Wefie di salah satu sudut jalan Kota Kinabalu
Jalanan di Kota Kinabalu (Pic:Dian Rahma)
Kami sempat terhenti sejenak ketika melihat para pedagang di sekitar Night Market yang menjual jajanan masyarakat Kinabalu, kamipun membeli beberapa makanan disana. Ternyata ada beberapa orang Indonesia yang mencoba merubah nasib mereka dengan bermigrasi kesini dan berdagang. Saya sempat ngobrol dengan salah satu pedagang dari Madura yang ternyata sudah 7 tahun merantau ke Kota ini.

Kuliner Kinabalu (1)
Kuliner Kinabalu (2)
Kuliner Kinabalu (3)

Hempasan angin laut serasa memangil-manggil kami untuk segera mendekat ke bibir pantai. Kamipun bergerak menuju Waterfront Kota Kinabalu. Tempat ini sangat mirip dengan Pantai Losari yang ada di Makassar. Bersyukur sekali cuaca hari ini bersahabat sehingga kami berkesempatan menikamati matahari terbenam di Kota ini. 


Salah satu landmark Kota Kinabalu di dekat waterfront
Sunset di Kota Kinabalu

Para traveler tidak perlu khawatir mencari kudapan makan malam. Karna disepanjang pantai, banyak terdapat warga yang menjual Seafood hasil tangkapan para nelayan. Tidak sah jika kita travelling ke suatu tempat, tanpa mencoba makanannya. Kamipun mencoba olahan seafood masyarakat Kinabalu. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung ukuran dan kemampuan kita menawar. 


Kudapan Seafood di pinggir pantai

Selesei makan malam, kami pergi ke Filipino Market yang merupakan destinasi terakhir kami hari ini. Disebut Filipino Market karna sebagian kios-kios dijalankan oleh imigran Filipina. Berbagai kerajinan lokal dijual di tempat ini. Yang paling terkenal di tempat ini adalah mutiara. Harga yang ditawarkan mulai dari 5RM. Sekali lagi, kemampuan menawar kita harus diterapkan disini supaya bisa ngeborong banyak oleh-oleh, hehehe.

Chapter 3 (Part3) : 3 Jam di Pulau Manukan


You Might Also Like

3 comments:

  1. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK ( GAME TERBARU )

    Contact Us
    Website arena-domio.net
    WA : +855964967353
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    ReplyDelete